Semoga tulisan abadi dalam blog ini bermanfaat

Breaking

Yuk, kepoin artikel lainnya diblog ini

Thursday, July 2, 2020

ADA BISNIS DIBALIK OPERASI CAESAR (SESAR)?

ADA BISNIS DIBALIK OPERASI CAESAR ?(SESAR)

(Tulisan ini didedikasikan untuk ibu2 yang sesar sebagai motivasi dan bumil sebagai  persiapan persalinan. Kode etik: saya tidak akan mengumbar nama jelas dan tempat)


******
Siapa saya yg nulis soal beginian? Dokter bukan. Saya hanya ingin mengabadikan sedikit ilmu yg saya dapat dari dokter lulusan Inggris yg sy temui beberapa waktu lalu.

Qodarullah, wasilah wabah Covid ini saya dipertemukan dgn dokter kandungan Muslimah, yang penerbangannya ke Inggris ini tertunda. Saya berbincang lebih dari 30 menit dengan beliau. Namun, kali ini saya akan bagikan sedikit persoalan saja ya. Semoga bermanfaat.

***
Saya sering dengar, Kyknya wanita yg lahiran sesar itu dipandang sebelah mata dan cenderung negatif. Bukan wanita sempurna lah begitu.

Padahal, bisa jadi mereka hanya korban. Jadi, bukan salah si ibunya juga.
Dijelasin detail bisa panjang lebar nih. Hehe

Utk mempersingkat waktu, saya kasih tau aja intinya nih ya.

Jadi, dokter itu bilang kalo WHO aja meneliti rumah sakit hanya 20% yg sesar.

Intinya sangat sedikit kemungkinan wanita itu lahiran sesar. Jadi, kalau kita nemuin RS yang kok bisa hampir 100% yang lahiran sesar itu tanda tanya besar.

Bisa jadi ada kesalahan teknis. Saya dijelasin juga sama dokter apa sebab gagal induksi  dll.

atau bisa ada kesengajaan. Wallaahu a'lam.

Sebab lahiran sesar dengan lahiran normal itu biayanya jauh beda.

Apalagi yg pakai BPJS. Yang normal itu cuma dapet hanya ratusan ribu saja, tapi kalo ada pasien yg sesar itu bisa jutaan.

Saya jd inget waktu lahiran anak pertama dulu. Saya lahiran normal, tapi harusnya dia itu di vakum. Tapi tidak.

Akhirnya, bayi newborn saya harus dirawat sampai 14 hari dan itu biaya kena 40 juta lebih!

Pakai BPJS.

Itupun sebelum pulang saya ditawarkan tindakan yg saya dan keluarga gak setuju.

Dengan problem dan waktu yang gak beda dgn sodara saya. (Hanya beda daerah aja) dia itu cuma dirawat sampai beberapa hari aja.

Terus waktu jelang lahiran saat saya mau USG. Saya sempat periksa ke klinik atau dokter yang berbeda.

Dan mereka punya pesan yg sama ke saya. Mereka tidak merekomendasikan saya untuk USG ke RS "A" karena hampir setiap yang USG disana itu pasti akhirnya harus SESAR.

Padahal, banyak yang cek disana sesar tapi bisa lahiran normal di tempat mereka.

Dokter kandunga lulusan inggris itu juga menceritakan apa yang disembunyikan para dokter kepada ibu yang akan operasi sesar. 

Sebenarnya, operasi sesar itu, resikonya banyak dan fatal. Resikonya berat sebenarnya. Dan orang yang sesar itu bisa kok lahiran normal lagi.

Sebagaimana testimoni yang dijabarkan dalam gambar yang dilampirkan dalam tulisan ini.


ADA BISNIS DIBALIK OPERASI CAESAR ?(SESAR)


Jadi, saya sangat menyarankan kepada bumil untuk berhati-hati dalam memilih tempat bersalin. Rekomendasi sih, cari yang pro-normal.

Dan pastinya yang utama, banyak memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

***
Sekian apa yang dapat saya paparkan.
Kurang lebihnya saya mohon maaf. 

Semoga bisa diambil manfaatnya.

Salam cinta,
Bumils

5 comments:

  1. MasyaaAllah betul sekali kalau kita harus pintar2 pilih dokter dan rumah sakit. Banyak contoh wanita2 yang tetap bisa VBAC. InsyaaAllah ada jalannya :). Tentu dengan kondisi yang benar-benar tidak darurat. Kalau sudah berjuang normal sudah menunggu bukaan dan ujungnya caesar, bisa jadi juga itu tindakan terbaik

    ReplyDelete
  2. Saya blm nangkep nih sisi negatif dari operasi sesar, agenda ekonomi dibalik sesar ini gimana mba? Saya sesaran anak kedua

    ReplyDelete
  3. mmm, baru tahu sih kalo ada semacam bisnis tersembunyi dibaliknya. Tapi, malah saya bertanya-tanya dan merasa kehilangan pada dukun-dukun bayi yg malah lebih telaten dan penuh sabar dgn ilmu titennya yg malah tidak diyakini oleh lembaga kesehatan.

    ReplyDelete
  4. Kebetulan saya baru lahiran 3 bulan lalu lewat SC. Tadinya sy mau lahiran di Bidan desa aja mengingat kehamilan sy bisa dibilang aman. Tapi denger2 cerita tetangga katanya bidan tsb udah terkenal agak negatif citranya "dikit dikit sesar... Dikit dikit sesar... Gak pandang bulu semua yg ke dia (bidan tsb) pasti langsung dirujuk ke RS X. Soalnya pasti dapet komisi lumayan"

    Akhirnya sy memutuskan lahiran di RS lain aja dan sepertinya udah direncanakan Allah, H-14 baru ketahuan ada lilitan tali pusat, pengapuran dan baby saya yg gede 😅 langsung memutuskan sesar aja karena beresiko bikin bayi stress yg bisa membahayakan. Ternyata betul pas hari H di cek baby sy stress tiap kali kontraksi. Memang pilihan yg terbaik saat itu adalah sesar untuk sy dan si bayi.

    ReplyDelete
  5. Hmmm, tapi memang benar sih, presentase sesar di indonesia terlalu tinggi.. Kalo di luar negeri, anak yang lahir dr sesar biasanya akan lebih dapat perhatian setelahnya, krn ada beberapa manfaat pervaginam yg tidak didapat anak

    ReplyDelete