Semoga tulisan abadi dalam blog ini bermanfaat

Breaking

Yuk, kepoin artikel lainnya diblog ini

Monday, January 7, 2019

Cara Bikin Anak Mandiri

Tips and Trick mendidik anak untuk bisa mamdiri sedini mungkin?




Kumpulan status WA mommy icha yang saya tulis ulang. Hp gak bisa SS padahal statusnya keren abizzz...save dimari yuukkk....

***


#1
Salah satu trik pekerjaan rumah dengan bagi waktu untuk anak adalah dengan beli perabot teknologi yang agak canggih dikit. Yang gak butuh banyak waktu untuk ninggalin anak. Karena Aqilah akan ngomel kalo ditinggal emak berbenah lama-lama

#2
Pake mesin cuci yg 30 menit kelar. Tinggal pencet tombol terus jemur baju bareng anak. Pake strikaan steamer yg cepat dan ga butuh tenaga ekstra buat bikin baju licin.

#3
Foodfrep bareng bocah, biar masak tinggal pake, kagak pake acara ngupas2 dulu, karena jatAh buat masak max cuma 30 mnit. Biasanya 15 mnit  emak udh kelar masak sih. Sayur +lauk+cemilan

#4
Bersih2 bagi2 tugas.
Aqilah bersihin kaca, nyapu tempat main, bersihin perabotan montessori.
Emak nyapu ngepel nyapu taman.
Bapake bersihin kamar mandi

#5
For me rumah dihuni oleh 3 orang berarti ada 3 orang pula yang harus jaga kebersihan rumah. Bukan semua tugas dilimpahkan ke emak. Kalo model begitu bisa abis waktu emak sama kerjaan rumah doang. Semua punya kerjaan masing-masing.

#6
Emak agak kejam bin males kata orang mah. Gara2 bocah disuruh bersih2 , wkwkwkwk.
Buat saya ini bagian pendidikan anak. Anaknya justru seneng lho. Saban hari semprotan kaca sama wiper dipegang terus sama dia. Wkwkwk

#7
Saya memang mengajarkan kemandirian sejak dini bgd sama Aqilah krn saya gak pengen dia jadi lemah gak bisa apa2 ketika saya pergi. Krn kita gak pernah tau mak usia kita sampai kapan.
Jadi, masuklah kurikulum kemandirian anak dalam pengasuhan kami.

#8
Now, dia udah apa2 sendiri. Mandi, lipat baju, pakai baju, bersihin peralatan sendiri, makan, kadang2 bantuin emak masak makanan dia sendiri. Dan mulai belajar pakai pisau.

#9
Oh iya salah satu syarat ngajarin anak untuk mandiri adalah prepare lingkungan. Untuk bersih2 saya beli sapu kecil, wiper kecil, lap kecil, ember kecil buat aqilah. Baju diletakkan ditempat yang rendah jadi dia bisa ambil baju sendiri. Kamar mandi, peralatan mandinya diletakkan ditempat yang mudah dijangkau sm dia, begitu juga kapstok bajunya.

#10
Peralatan makan dia juga diletakkan ditempat yg mudah diambil sama dia. Jadi, gak perlu nunggu emaknya. Mau minum ya tinggal ambil sendiri.

#11
Emang dirumah yg ini disetting bgt rumah anak. Ada tempat aqilah buat ngoprek2 sendiri kalo emak banyak kerjaan.

#12
Tapi emang yah awal2 kudu sabaaaaaar sekaleeeeeeeee
Karena anak kita bukan robot yg bisa langsung disetting dan bisa langsung melakukan semuanya dengan baik.

#13
Pernah waktu mandi, baju ganti bersihnya jatoh semua dilantai dan basah, wkwkwk. Waktu makan nasinya berantakan kemana mana wkwkwk. Waktu nyapu malah becanda.dsb lah

#14
Tapi gak boleh ngomel. Sangat dilarang ngomel. Sekali emak ngomel maka proses memandirikan anak akan semakin lama.

#15
Harus diajarin pelan2 dan sabar. Setiap anak melakukan salah, diulang terus sampai bisa. Dicek kenapa anak masih belum bisa melakukan dengan baik. Cek kekuatan tangannya, apakah gerakan tangannya masih kaku. Kalo masih kaku ulangi lagi motorik kasarnya.

#16
Beberapa kali
 saya temuin
Anak yang mau melakukan sesuatu sendiri pada akhirnya urung. Krn apa? Krn dibentak emaknya, diomelin emaknya kalo berantakan, kalo kotor. Akhirnya apa?
Anaknya jadi males dan imbasnya adalah emak sendiri yg capek.

#17
Orang2 pada bilang, ih enak kerjaannya sedikit. Anaknya udh bisa ini itu. Lah kagak tau aja untuk anak sampe mandiri kayak gini. Emak sering nahan nyesek gara2 kelakuan bocah. Sering napas panjang.

#18
Setiap proses pendidikan anak itu kagak gampang dan kagak mudah sudah pasti ada pengorbanan emaknya.
Korban waktu sampai korban perasaan mak

#19
Jgn ngomel sama kekotoran yg dibuat anak. Aqilah kalo makan berantakan. Aqilan nanti abis makan tanggung jawab yah. Yg berantakan dipungutin. Diajarin tanggung jawab. Emak bukan sekedar ngemeng doang. Tp harus kasih contoh. Cara mungutin makanan jatuh. Jgn sampe ngomel2 doang gak kasih contoh. Lah anak mana tau diayg ada daia pake cara dia sendiri yg bikin emak jengkel.

#20
Banyak2 senyum dah yah kalo mau jafi emak kesayangan anak.

Udeh yaaa segini dulu moga manfaat



1 comment: